MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI SMP IT PLUS AL-BURUJ NW SIKUR BERBASIS ANDROID
Abstrak
Instruksi Perkembangan teknologi digital telah membawa perubahan besar dalam dunia pendidikan, termasuk dalam metode penyampaian materi pembelajaran. Mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di SMP IT Plus Al-Buruj NW Sikur masih menghadapi tantangan rendahnya minat belajar siswa akibat metode konvensional yang kurang interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun media pembelajaran digital berbasis Android guna meningkatkan efektivitas dan daya tarik pembelajaran SKI. Aplikasi yang dikembangkan mencakup fitur materi pelajaran, video, latihan soal, serta profil pengguna, dengan menggunakan bahasa pemrograman Java dan basis data SQLite melalui platform Android Studio. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi studi pustaka, observasi, dan wawancara. Selain itu, pemodelan sistem dilakukan dengan pendekatan Unified Modeling Language (UML) melalui diagram Use Case, Activity, dan Class Diagram. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi ini dapat mendukung pembelajaran SKI secara lebih fleksibel, interaktif, dan menarik, baik untuk penggunaan di dalam maupun di luar kelas. Aplikasi ini diharapkan dapat menjadi slusi digital yang efektif.
Referensi
[2] Wahyudi. pembelajaran berbasis aplikasi mobile memungkinkan siswa untuk belajar secara mandiri dengan fleksibilitas yang lebih tinggi, 2022.
[3] Wardhani, D., & Lathifah, S. Pengembangan mobile learning berbasis Smart Apps Creator sebagai media pembelajaran fisika (Development of Smart Apps Creator-based mobile learning as a physics learning medium). Physics and Science Education Journal (PSEJ), 1, 90–95, 2021
[4] Hidayat. Rendahnya minat siswa terhadap pelajaran ini, terutama karena metode pengajaran yang cenderung monoton dan kurang interaktif, 2021
[5] Prasetyo, F. aplikasi pembelajaran berbasis Android yang menyajikan materi sejarah kebudayaan Islam, 2023.
[6] Rizki, M. aplikasi pembelajaran berbasis Android yang dapat memfasilitasi pembelajaran sejarah kebudayaan Islam secara interaktif dan mudah diakses oleh siswa, 2022.
[7] Dedi Putra Widi, & Rini Agustina. Aplikasi Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Rainstek Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 2(4), 287–293. https://doi.org/10.21067/jtst.v2i4.4176, 2020.
[8] Luqman Hakim, M. Development of Video Media in the History of Islamic Culture History. Jurnal Pedagogik, 06(02). https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik, 2019
[9] Samudera, A. S.. Penggunaan Aplikasi Kahoot ! Sebagai Digital Game-Based Learning Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Di Madrasah Aliyah Pembangunan UIN Jakarta. Penggunaan Aplikasi Kahoot! Sebagai Digital., 55, 2020
[10] Ali, S. D. Fenica, W. Aini, and A. F. Hidayat, “Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar,” vol. 3, no. 1, pp. 1–6, 2025.
[11] H. Susanto, Membukukan Artikel Pendidikan Sejarah.
[12] U. Islam, N. Sultan, A. Muhammad, I. Samarinda, H. Baru, and K. Samarinda, “Peningkatan Motivasi Belajar dan Pengetahuan Peserta Didik : Penerapan Mobile Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam,” vol. 6, no. 2, 2021, doi: 10.25299/al-thariqah.2021.vol6(2).7970.
[13] Magdelena, I.. media merupakan sebuah perangkat yang dapat dimanipulasi, didengar, dilihat, dibaca serta intrumennya, 2021
[14] Muhasim, M. (2017). Pengaruh Tehnologi Digital terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Palapa, 5(2), 53–77. https://doi.org/10.36088/palapa.v5i2.46
[15] Syurgawi, A., & Yusuf, M. (2020). Metode Dan Model Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Maharot : Journal of Islamic Education, 4(2), 175. https://doi.org/10.28944/maharot.v4i2.433
[16] Budiyanto, A. (2023). Perancangan Aplikasi Pembukuan Keuangan Warung Sembako Jakarta Timur Berbasis Manajemen Keuangan dengan Android. Jurnal Esensi Infokom : Jurnal Esensi Sistem Informasi Dan Sistem Komputer, 7(1), 90–94. https://doi.org/10.55886/infokom.v7i1.650
[17] K. Sukariada, I. G. Juliana, E. Putra, and I. N. Purnama, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN MEDIA UNITY 3D STUDI KASUS SD NEGERI 4 PADANGKERTA,” vol. 8, no. 1, pp. 910–917, 2024.
[18] Sari and N. Fitrianingsih, “Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Sistem Komputer Berbasis Android Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa,” vol. 5, no. 2, pp. 654–665, 2025.
[19] Rahmatuloh, M., & Revanda, M. R. (2022). Rancang Bangun Sistem Informasi Jasa Pengiriman Barang Pada PT. Haluan Indah Transporindo Berbasis Web. Jurnal Teknik Informatika, 14(1), 54–59.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Jurnal Teknimedia memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Jurnal Teknimedia dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.

Jurnal TEKNIMEDIA : Teknologi Informasi dan Multimedia is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
.png)




