MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI SMP IT PLUS AL-BURUJ NW SIKUR BERBASIS ANDROID
Abstract
Instructions The development of digital technology has brought major changes in the world of education, including in the method of delivering learning materials. The subject of Islamic Cultural History (ISHC) at SMP IT Plus Al-Buruj NW Sikur still faces the challenge of low student learning interest due to conventional methods that are less interactive. This study aims to design and build Android-based digital learning media to increase the effectiveness and attractiveness of ISHC learning. The application developed includes features of learning materials, videos, practice questions and user profiles, using the Java programming language and SQLite database through the Android Studio platform. The methods used in this study include literature studies, observations and interviews. In addition, system modeling is carried out using the Unified Modeling Language (UML) approach through Use Case, Activity and Class Diagram diagrams. The test results show that this application can support ISHC learning in a more flexible, interactive, and interesting way, both for use in and outside the classroom. This application is expected to be an effective digital solution.
References
[2] Wahyudi. pembelajaran berbasis aplikasi mobile memungkinkan siswa untuk belajar secara mandiri dengan fleksibilitas yang lebih tinggi, 2022.
[3] Wardhani, D., & Lathifah, S. Pengembangan mobile learning berbasis Smart Apps Creator sebagai media pembelajaran fisika (Development of Smart Apps Creator-based mobile learning as a physics learning medium). Physics and Science Education Journal (PSEJ), 1, 90–95, 2021
[4] Hidayat. Rendahnya minat siswa terhadap pelajaran ini, terutama karena metode pengajaran yang cenderung monoton dan kurang interaktif, 2021
[5] Prasetyo, F. aplikasi pembelajaran berbasis Android yang menyajikan materi sejarah kebudayaan Islam, 2023.
[6] Rizki, M. aplikasi pembelajaran berbasis Android yang dapat memfasilitasi pembelajaran sejarah kebudayaan Islam secara interaktif dan mudah diakses oleh siswa, 2022.
[7] Dedi Putra Widi, & Rini Agustina. Aplikasi Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Rainstek Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 2(4), 287–293. https://doi.org/10.21067/jtst.v2i4.4176, 2020.
[8] Luqman Hakim, M. Development of Video Media in the History of Islamic Culture History. Jurnal Pedagogik, 06(02). https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik, 2019
[9] Samudera, A. S.. Penggunaan Aplikasi Kahoot ! Sebagai Digital Game-Based Learning Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Di Madrasah Aliyah Pembangunan UIN Jakarta. Penggunaan Aplikasi Kahoot! Sebagai Digital., 55, 2020
[10] Ali, S. D. Fenica, W. Aini, and A. F. Hidayat, “Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar,” vol. 3, no. 1, pp. 1–6, 2025.
[11] H. Susanto, Membukukan Artikel Pendidikan Sejarah.
[12] U. Islam, N. Sultan, A. Muhammad, I. Samarinda, H. Baru, and K. Samarinda, “Peningkatan Motivasi Belajar dan Pengetahuan Peserta Didik : Penerapan Mobile Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam,” vol. 6, no. 2, 2021, doi: 10.25299/al-thariqah.2021.vol6(2).7970.
[13] Magdelena, I.. media merupakan sebuah perangkat yang dapat dimanipulasi, didengar, dilihat, dibaca serta intrumennya, 2021
[14] Muhasim, M. (2017). Pengaruh Tehnologi Digital terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Palapa, 5(2), 53–77. https://doi.org/10.36088/palapa.v5i2.46
[15] Syurgawi, A., & Yusuf, M. (2020). Metode Dan Model Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Maharot : Journal of Islamic Education, 4(2), 175. https://doi.org/10.28944/maharot.v4i2.433
[16] Budiyanto, A. (2023). Perancangan Aplikasi Pembukuan Keuangan Warung Sembako Jakarta Timur Berbasis Manajemen Keuangan dengan Android. Jurnal Esensi Infokom : Jurnal Esensi Sistem Informasi Dan Sistem Komputer, 7(1), 90–94. https://doi.org/10.55886/infokom.v7i1.650
[17] K. Sukariada, I. G. Juliana, E. Putra, and I. N. Purnama, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN MEDIA UNITY 3D STUDI KASUS SD NEGERI 4 PADANGKERTA,” vol. 8, no. 1, pp. 910–917, 2024.
[18] Sari and N. Fitrianingsih, “Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Sistem Komputer Berbasis Android Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa,” vol. 5, no. 2, pp. 654–665, 2025.
[19] Rahmatuloh, M., & Revanda, M. R. (2022). Rancang Bangun Sistem Informasi Jasa Pengiriman Barang Pada PT. Haluan Indah Transporindo Berbasis Web. Jurnal Teknik Informatika, 14(1), 54–59.
Copyright (c) 2025 TEKNIMEDIA: Teknologi Informasi dan Multimedia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Jurnal Teknimedia memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Jurnal Teknimedia dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.

Jurnal TEKNIMEDIA : Teknologi Informasi dan Multimedia is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
.png)




