ANALISIS USER EXPERIENCE JOGJAKITA MENGGUNAKAN USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ)

  • Aditya Prayoga Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • C W Kusuma Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • M Christy Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • R Andika Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Kata Kunci: Pengalaman Pengguna, Jogjakita, User experience questionnaire

Abstrak

Analisis ini dipengaruhi oleh pesatnya pertumbuhan teknologi informasi dan komunikasi, yang memiliki pengaruh besar terhadap lingkungan masyarakat dan mengubah cara hidup dan cara kerja manusia. User experience (pengalaman pengguna) menjadi semakin penting dalam meningkatkan efektivitas sebuah aplikasi dan memperkuat hubungan antara pengguna dan aplikasi. Namun, penggunaan aplikasi juga memiliki dampak yang signifikan pada lingkungan masyarakat, termasuk peningkatan penggunaan energi dan dampak lingkungan yang terkait. Oleh karena itu, penting untuk mengevaluasi pengaruh penggunaan aplikasi/internet dan user experience terhadap lingkungan masyarakat. Yogyakarta, yang merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia dengan beberapa lokasi wisata di setiap kabupaten dan pusat desa, merupakan tempat yang tepat untuk melakukan evaluasi tersebut. Sebagian besar hasil pengukuran menggunakan UEQ memiliki nilai yang positif, pada keenam skala UEQ (Attractiveness, Perspicuity, Efficiency, Dependability, Stimulation and Novelty), hanya saja persentase nilai pada aspek kebaruan pada aplikasi ini harus ditingkatkan lagi dan dievaluasi kembali.

Referensi

[1] A. E. W. Wuryantai, “Digitalisasi Masyarakat: Menilik Kekuatan dan Kelemahan Dinamika Era Informasi Digital dan Masyarakat Informasi,” J. ILMU Komun., vol. 1, no. 2, pp. 131–142, 2013, doi: 10.24002/jik.v1i2.163.
[2] D. A. N. Kewirausahaan, “Yogyakarta Sbg Kota Pelajar,” pp. 31–46, 2019.
[3] K. A. Akhmad and S. Purnomo, “Pengaruh Penerapan Teknologi Informasi Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Surakarta,” Sebatik, vol. 25, no. 1, pp. 234–240, 2021, doi: 10.46984/sebatik.v25i1.1293.
[4] A. L. T. Adinegoro, R. I. Rokhmawati, and H. M. Az-Zahra, “Analisis Pengalaman Pengguna pada Website E-commerce Dengan Menggunakan Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi pada Lazada.co.id, Blibli.com dan JD.id),” Teknol. Inf., vol. 2, no. 11, pp. 5862–5870, 2018, [Online]. Available: Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
[5] J. F. Wawolumaja, “Jurnal Pengaruh User Experience (Ux) Design Terhadap Kemudahan Pengguna Dalam Menggunakan Aplikasi Carsworld,” J. Acta Diurna, vol. 17, no. 1, pp. 53–71, 2021, doi: 10.20884/1.actadiurna.2021.17.1.3813.
[6] I. Rofni Wulandari and L. Dwi Farida, “Pengukuran User Experience pada E-Learning di Lingkungan Universitas Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ),” J. Mantik Penusa, vol. 2, no. August 2018, pp. 146–151, 2018.
[7] R. Umar, A. Z. Ifani, F. I. Ammatulloh, and M. Anggriani, “Analisis Sistem Informasi Web Lsp Uad Menggunakan User Experience Questionnaire (Ueq),” METHOMIKA J. Manaj. Inform. dan Komputerisasi Akunt., vol. 4, no. 2, pp. 173–178, 2021, doi: 10.46880/jmika.vol4no2.pp173-178.
[8] A. Maharani, B. Intan, and A. T. Susilo, “Analisis User Experience Pada Website Smk Negeri Tugumulyo Berbasis User Experience Questionaire (Ueq,” JUSIM (Jurnal Sist. Inf. Musirawas), vol. 6, no. 2, pp. 169–177, 2021, doi: 10.32767/jusim.v6i2.1479.
[9] M. A. Maricar, D. Pramana, and D. R. Putri, “Evaluasi Penggunaan SLiMS pada E-Library dengan Menggunakan User Experience Question (EUQ),” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 8, no. 2, p. 319, 2021, doi: 10.25126/jtiik.2021824443.
[10] W. A. Febrianto and W. H. N. Putra, “Aplikasi Sistem Informasi Puskesmas Paperless menggunakan Metode Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi Kasus: Puskesmas Tarik),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 6, pp. 6099–6106, 2019, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5648
[11] I. N. S. W. Wijaya, P. P. Santika, I. B. A. I. Iswara, and I. N. A. Arsana, “Analisis dan Evaluasi Pengalaman Pengguna PaTik Bali dengan Metode User Experience Questionnaire (UEQ),” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 8, no. 2, p. 217, 2021, doi: 10.25126/jtiik.2020762763.
[12] S. Prasetyaningsih and W. P. Ramadhani, “Analisa User Experience pada TFME Interactive Learning Media Menggunakan User Experience Questionnaire,” J. Integr., vol. 13, no. 2, pp. 147–157, 2021, doi: 10.30871/ji.v13i2.3180.
[13] I. Kusuma Putri, S. Hadi Wijoyo, and Y. Tyroni Mursityo, “Analisis Usability dan Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi pemesanan Budget Hotel Menggunakan User Experience questionnaire (UEQ) (Studi Kasus Pada Airy Rooms),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 7, pp. 6748–6756, 2019, [Online]. Available: https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5800/2754
[14] R. Yuwono, A. Wibowo, S. H. Wijoyo, and R. I. Rokhmawati, “Analisis Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Mobile Banking di Indonesia Dengan Menggunakan Usability a dan User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi pada JakOne Mobile dan BCA Mobile),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 6, pp. 5666–5673, 2019.
[15] S. G. N. K. S. A. Jelantik, I. P. Satwika, and I. N. Y. Anggara, “Analisis Sistem Informasi Akademik STMIK Primakara Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ),” J. Ilm. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 8, no. 3, pp. 95–106, 2019.
[16] E. Haerani and A. Rahmatulloh, “Analisis User Experience Aplikasi Peduli Lindungi untuk Menunjang Proses Bisnis Berkelanjutan,” SATIN - Sains dan Teknol. Inf., vol. 7, no. 2, pp. 01–10, 2021, doi: 10.33372/stn.v7i1.762.
Diterbitkan
2023-06-12
Bagian
Articles
Abstrak viewed = 812 times
PDF (English) downloaded = 2250 times