MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN TUNTUNAN SUARA BACAAN WUDHU DAN TAJWID UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR
Abstrak
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam disingkat PAI di sekolah dasar menghadapi beberapa tantangan utama, salah satunya adalah rendahnya minat siswa terhadap pembelajaran ini, terutama karena metode pengajaran yang cenderung monoton dan kurang interaktif. Keterbatasan sumber daya belajar yang bervariasi dan menarik menjadi beberapa faktor penting PAI kurang diminati, banyak siswa yang merasa sulit untuk memahami materi PAI karena penyampaian yang kurang relevan dengan gaya pembelajaran digital saat ini. Tersedianya media pembelajaran interaktif yang relevan dengan pembelajaran digital saat ini tentu sangat diperlukan. Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Tuntunan Suara Bacaan Wudhu Dan Tajwid Untuk Anak Sekolah Dasar menjadi solusi yang bisa digunakan sebagai sarana pembelajaran untuk meningkatkan minat anak belajar secara mandiri kapanpun dan dimanapun. Media pembelajaran ini berupa Aplikasi berbasis Android yang dapat di jalankan pada smartphone. Elemen-elemen interaktif seperti visual,video, audio, dalam aplikasi di harapkan dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran yang lebih baik. Secara teoritis, penelitian ini dapat menambah pengembangan media pembelajaran berbasis android di bidang PAI, khususnya untuk materi-materi yang bersifat praktis. Secara praktis, aplikasi ini dapat menjadi sumber daya yang bermanfaat bagi guru, siswa, dan masyarakat dalam memahami dan mempraktikkan tata cara wudhu dan tajwid. penelitian ini diharapkan mampu memperbaiki kualitas pembelajaran PAI secara signifikan. Dari hasil uji coba penerapan media pembelajaran yang dilakukan pada SDN 2 Rarang Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat, Menunjukkan 100% respon positif. Berdasarkan tanggapan dan respon yang diberikan para guru dan murid menunjukan aplikasi yang dibuat berjalan dengan baik dan membantu guru dan siswa dalam mencapai target pembelajaran.
Referensi
Laka Mendelson, B. (2018). Dampak Penggunaan Handphone terhadap perilaku Belajar Peserta Didik di SMA Yayasan Sub Byaki Fyadi Kabupaten Biak Numfor. Jurnal Pedagogika dan Dinamika Pendidikan, 6(2), 60–71
Rahayuningsih, R., & Zede, V. A. (2019). The Effect Of Handphone and Learning Motivation on Learning Achievement of English Students. Adhum: Jurnal Penelitian Dan …, 18, 69–72
Taopan, Y. F., Oedjoe, M. R., & Sogen, A. N. (2019). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Perilaku Moral Remaja. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 5(1), 61. https://doi.org/10.33394/jk.v5i1.1395
Nurmalasari, & Wulandari, D. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Tingkat Prestasi. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer, 3(2), 1–8.
Daliani, M. (2020). Pengaruh Penggunaan Alat Komunikasi Handphone (HP) terhadap Aktivitas Belajar Siswa SMK Hasanuddin Medan. 4(1), 1–9
APJII. (2021). Laporan Penelitian dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2021. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia https://apjii.or.id
Nurhikmah, S. (2023). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Pembelajaran Mengajar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(1), 55-70.
Al-Qurtubi, A. (2018) Pendidikan Agama Islam: Konsep dan Implementasi dalam Masyarakat Moderen. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(1), 15-30
Murtadho, A. (2023). Tata Cara Wudhu dalam Islam: Pemahaman dan Praktik yang Benar. Jurnal Pendidikan Agama Islam. 12(1). 15-30
Abdurrohim, A.I. (2003). Pedoman Ilmu Tajwid Lengkap. Bandung.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Jurnal Teknimedia memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Jurnal Teknimedia dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.

Jurnal TEKNIMEDIA : Teknologi Informasi dan Multimedia is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
.png)




