PERANCANGAN UI/UX APLIKASI NOTIFIKASI MASA STUDI MAHASISWA UIN AR-RANIRY BERBASIS ANDROID

  • Annisa Zahra Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Sarini Vita Dewi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
Kata Kunci: Android, Design Thinking, Masa Studi, Notifikasi, UI/UX, Android, Design Thinking, Study Duration, Notification, UI/UX.

Abstrak

Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan (PERMENDIKBUD) No 3 Tahun 2020 menyatakan
bahwa masa studi maksimal program sarjana adalah 7 tahun. Kebijakan ini menjadi rujukan penting bagi
institusi pendidikan tinggi untuk mengawasi dan membimbing mahasiswa agar menyelesaikan pendidikan tepat
waktu. Namun demikian, sistem informasi yang ada di Universitas Negeri Islam Ar-Raniry ini belum
menyediakan fitur notifikasi khusus yang dapat memberikan pengingat personal secara berkala kepada
mahasiswa terkait masa studi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang antarmuka (User Interface) dan
pengalaman pengguna (User Experience) dari aplikasi notifikasi masa studi berbasis Android, yang ditujukan
khusus bagi mahasiswa semester 5 keatas Universitas Islam Negeri Ar-Raniry. Peneletian ini menggunakan
pendekatan Design Thinking mmelalui lima tahap utama, yaitu: Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test.
Alat bantu perancangan menggunakan Figma sebagai media pembuatan prototipe interaktif. Pengumpulan
data dilakukan mmelalui wawancara dan observasi terhadap mahasiswa aktif semester akhir, untuk menggali
kebutuhan nyata pengguna. Hasil pengujian usability menggunakan metode System Usability Scale (SUS)
menunjukkan skor rata-rata sebesar 81,5 yang masuk dalam kategori “sangat layak” digunakan. Temuan ini
memperkuat pentingnya integrasi aspek UI/UX dalam aplikasi edukatif, serta membuktikan bahwa desain
antarmuka yang intuitif dan pengalaman pengguna yang optimal mampu meningkatkan kesadaran dan
kedisiplinan mahasiswa terhadap batas masa studi yang ditetapkan. Aplikasi ini diharapkan menjadi solusi
pendukung sistem akademik digital yang lebih responsif dan berpusat pada pengguna.

Referensi

[1]
S. K. F. Dewi, D. T. Indrisari, and Y. Prayogo,
“Rancang Bangun Aplikasi Pengingat Kegiatan
Akademik Berbasis Mobile,” Jurnal Buana
Informatika, vol. 7, Oct. 2016.
[2]
[3]
[4]
[5]
[6]
[7]
[8]
[9]
[10]
[11]
[12]
R. Junita Basri and S. Anraeni, “Perancangan
Aplikasi Pengingat Jadwal Perkuliahan
Menggunakan Metode Push Notification Berbasis
Mobile,” Buletin Sistem Informasi dan Teknologi
Islam, vol. 2, no. 1, pp. 52–55, Feb. 2021.
A. Putri Riyandoro, dan Ade Andri Hendriadi, J. H.
Ronggo Waluyo, T. Timur Karawang, and J. Barat,
“PERANCANGAN UI/UX APLIKASI SISTEM
INFORMASI POSYANDU BERBASIS MOBILE
(STUDI KASUS : POSYANDU PARKIT II),” jawa
barat, Oct. 2024.
B. Putra Pradana and A. Sodik, “Perancangan User
Interface dan User Experience Prototype Aplikasi
‘Lapor Pak Yes!’ Menggunakan Metode Design
Thinking Berbasis Android,” 2024.
M. Arkan Hafi, G. Yudistira, and F. Fadillah,
“Desain UI/UX Aplikasi Kesehatan Dengan
Pendekatan Design Thinking,” 2024.
M. Sari, I. Dwitawati, and K. AR,
“PERANCANGAN UI/UX APLIKASI BERBASIS
MOBILE UNTUK PEMBATAS AKTIVITAS
ANAK DALAM MENGGUNAKAN
SMARTPHONE TUGAS AKHIR,” Banda ACEH,
Dec. 2023.
A. Rachman and J. Sutopo, “PENERAPAN
METODE DESIGN THINKING DALAM
PENGEMBANGAN UI/UX: TINJAUAN
LITERATUR,” SemanTIK : Teknik Informasi, vol.
9, no. 2, p. 139, Dec. 2023, doi:
10.55679/semantik.v9i2.45878.
A. Fitri and V. S. Dewi, “PERANCANGAN UI/UX
DESAIN APLIKASI MAPPING RUANG KULIAH
FTK B UIN AR-RANIRY UNTUK MAHASISWA
BARU JURNAL,” 25, Jan. 2025.
F. Candra Wardana and I. Gusti Lanang Putra Eka
Prismana, “Perancangan Ulang UI & UX
Menggunakan Metode Design Thinking Pada
Aplikasi Siakadu Mahasiswa Berbasis Mobile,”
JEISBI, vol. 03, p. 2022, Nov. 2022.
S. Daruyani, O. D. Purbiyanti, I. Irawaty, and A. W.
Putra, “Perancangan UI/UX Aplikasi Pengingat Sha
lat (Ar-Rayyan) Dengan Metode Design Thinking
Menggunakan Figma,” Journal of Information Sys
tem, Informatics and Computing, vol. 8, no. 2, p.
264, Dec. 2024, doi: 10.52362/jisicom.v8i2.1669.
F. P. Prasetyo, “2.2 Design Thinking.”
M. Saad, N. Ishlah, N. Sri Wahyuni, and L. Karlita
sari, “Perancangan Antarmuka Pengguna Aplikasi
Mobile Sistem Informasi Akademik (SIMAK)
menggunakan Metode Design Thinking (Studi Ka
sus: SIMAK Universitas Pakuan),” 2024. [Online].
Available: https://simak.unpak.ac.id
Diterbitkan
2025-12-16
Bagian
Articles
Abstrak viewed = 7 times
PDF (English) downloaded = 3 times