PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BAHASA MADURA UNTUK SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN UNITY DENGAN METODE MDLC
Abstrak
Bahasa daerah merupakan bagian penting dari identitas budaya, termasuk Bahasa Madura. Namun, penggunaannya di kalangan siswa sekolah dasar terus menurun, salah satunya karena kurangnya media pembelajaran yang menarik dan sesuai perkembangan zaman. Untuk mengatasi hal tersebut, penelitian ini mengembangkan game edukasi Android bernama Maduraku sebagai media interaktif untuk mengenalkan Bahasa Madura kepada siswa. Pengembangan dilakukan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dengan platform Unity. Hasil pengujian menunjukkan seluruh fitur dalam game berfungsi dengan baik melalui blackbox testing. Validasi dari ahli materi menunjukkan kelayakan sebesar 80% (kategori layak), dan uji pengguna menghasilkan tingkat kepuasan 87,5% (kategori sangat baik). Selain itu, game ini terbukti meningkatkan hasil belajar siswa, dengan rata-rata nilai meningkat dari 64,4 (pre-test) menjadi 85,4 (post-test), serta nilai N-Gain sebesar 0,59 yang termasuk kategori sedang. Berdasarkan hasil tersebut, Maduraku dinilai efektif dan layak digunakan sebagai media pembelajaran alternatif yang menarik untuk mendukung pelestarian dan pengenalan Bahasa Madura, khususnya di tingkat sekolah dasar.
Referensi
[2] W. Syah and M. Firmansah, “Pelestarian Bahasa Daerah Berbasis Literasi Digital Bagi Masyarakat De-sa,” J. Pengabdi. Kpd. Masy., 2024.
[3] Istri May Astuti, Kisyani Laksono, and Syamsul Sodiq, “VARIASI BAHASA MADURA DI KECAMATAN MUNCAR, BANYUWANGI: KAJIAN DIALEKTOLOGI DIAKRONIS,” 2021.
[4] E. Susylowati, F. Zakiyah, D. Kurnia, and V. D. Ci-cilia, “PILIHAN KODE PELAKU INDUSTRI PARIWISATA DALAM INTERAKSI SOSIAL DENGAN WISATAWAN DI KABUPATEN BANGKALAN, MADURA,” Fon J. Pendidik. Bhs. Dan Sastra Indones., vol. 20, no. 1, pp. 45–60, Mar. 2024, doi: 10.25134/fon.v20i1.8841.
[5] J. Desiyanto and R. Laily, “MODIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN SMART CARD GAME SEBAGAI UPAYA PENGUATAN BAHASA DAERAH (STUDI KASUS PADA ANAK SEKOLAH DASAR KABUPATEN SAMPANG),” Refleksi J. Ris. Dan Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 44–50, Dec. 2023, doi: 10.25273/refleksi.v2i1.18085.
[6] M. A. Alatas, Moh. H. Effendy, A. Y. Desiana, and H. H. Nisa, “Implementasi Kurikulum Merdeka pada Muatan Lokal Bahasa Madura di MI Kabupaten Pamekasan: Pendekatan Ekologis dalam Pendidikan Karakter dan Budaya,” GHANCARAN J. Pendidik. Bhs. Dan Sastra Indones., Dec. 2024, doi: 10.19105/ghancaran.vi.17359.
[7] A. A. Siswoyo, B. R. Wijaya, and R. C. Nizar, “Mul-timedia Interaktif Game Edukasi Terintegrasi Kearifan Lokal Madura untuk Menanamkan Literasi Budaya Siswa Sekolah Dasar,” vol. 5, no. 6, 2023.
[8] F. Goffar and M. Wahid, “Pengaruh Implementasi Game Based Learning Terhadap Prestasi Belajar Santri Kelas 2 TMI Al-Amien Prenduan Sumenep Madura Tahun 2023,” vol. 2, no. 2, 2023.
[9] A. Khoirunnisa and W. Syaihul Huda, “RANCANG BANGUN GAME EDUKASI BAHASA JAWA (DINGGO) BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN METODE WATERFALL UNTUK SEKOLAH DASAR,” MARAS J. Penelit. Multidisiplin, vol. 1, no. 2, pp. 234–245, Sep. 2023, doi: 10.60126/maras.v1i2.47.
[10] D. H. Imah, T. T. Sari, and N. M. Meita, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MADURA’S SMART BERBASIS MACROMEDIA FLASH DI SEKOLAH DASAR,” 2021.
[11] F. I. Faqih and A. Setyawan, “Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Tema Cerita Fantasi Berkearifan Lokal Madura Berbasis An-droid,” Indones. Lang. Educ. Lit., vol. 7, no. 1, p. 71, Dec. 2021, doi: 10.24235/ileal.v7i1.9032.
[12] J. Nurqomariah and M. Tahir, “Pengembangan Ap-likasi Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Tanaman Obat dan Herbal Madura,” J. Masy. In-form., vol. 15, no. 2, pp. 149–161, Dec. 2024, doi: 10.14710/jmasif.15.2.68165.
[13] Didin Rudini, Ade Bastian, and Dadan Zaliluddin, “Perancangan Game Kasada Aksara Dan Bahasa Sunda Sebagai Media Edukasi Menggunakan Unity Berbasis Android,” J-ENSITEC, vol. 9, no. 02, pp. 825–834, May 2023, doi: 10.31949/jensitec.v9i02.4069.
[14] D. Imanda, “IMPLEMENTASI GAME EDUKASI BAHASA LAMPUNG DIALEK A DAN DIALEK O BERBASIS ANDROID,” J. Inform. Dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 3, no. 2, pp. 161–178, Oct. 2022, doi: 10.33365/jatika.v3i2.2024.
[15] W. Ramansyah, N. Aini, W. Fitriansyah, and M. D. Pratama, “Virtual Reality and Educational Game to Learn Madurese History and Alphabet For Elemen-tary School Students,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1842, no. 1, p. 012012, Mar. 2021, doi: 10.1088/1742-6596/1842/1/012012.
[16] B. Rahman and M. Fadlillah, “The Development of Indonesian Language Digital Teaching Modules based on Madurese Local Wisdom for Elementary School Students,” in Proceedings of the 3rd Interna-tional Conference on Language, Literature, and Cul-tural Education (ICON-LLCE 2023), vol. 796, A. Ambarwati, L. Hidayah, F. Siswiyanti, P. T. Laksono, and H. Wicaksono, Eds., in Advances in Social Sci-ence, Education and Humanities Research, vol. 796. , Paris: Atlantis Press SARL, 2023, pp. 50–59. doi: 10.2991/978-2-38476-144-9_7.
[17] M. Puspitasari and A. Farahiba, “Development of Bookwidgets-Based Educational Games Contained With Madura Local Wisdom For Indonesian Lan-guage Learning,” in Proceedings of the 3rd Interna-tional Conference on Language, Literature, Educa-tion, and Culture, ICOLLEC 2023, 25-27 October 2023, Bali, Indonesia, Bali, Indonesia: EAI, 2024. doi: 10.4108/eai.25-10-2023.2348266.
[18] R. I. Borman and Y. Purwanto, “Impelementasi Mul-timedia Development Live Cycle pada Pengem-bangan Game Edukasi Pengenalan Bahaya Sampah pada Anak,” vol. 5, no. 2, 2019.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Jurnal Teknimedia memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Jurnal Teknimedia dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.

Jurnal TEKNIMEDIA : Teknologi Informasi dan Multimedia is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
.png)




