ANALISIS USABILITY PADA SISTEM INFORMASI E-TOURISM EKOWISATA HUTAN MANGROVE NGURAH RAI DENGAN METODE COGNITIVE WALKTHROUGH DAN SYSTEM USABILITY SCALE (SUS)
Abstrak
Saat ini, UPTD Tahura Ngurah Rai memiliki sistem informasi E-Tourism Ekowisata Ngurah Rai (Ekomang) telah menyediakan informasi tentang taman Hutan Raya Mangrove Ngurah Rai. Aplikasi ini digunakan sebagai media informasi pengenalan flora dan fauna. Namun, belum pernah dilakukannya uji usability pada aplikasi ini. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melakukan usability testing pada sistem Ekomang untuk memastikan aplikasi tersebut berjalan dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan para pengguna. Penelitian ini menggunakan metode cognitive walkthrough dan system usability scale (SUS). Evaluasi menggunakan metode cognitive walkthrough dilakukan oleh lima pegawai dinas UPTD Tahura dan masyarakat umum yang belum pernah menggunakan aplikasi Ekomang untuk mengidentifikasi masalah serta beberapa aspek seperti learnability, effectiveness, dan efficiency. Sedangkan system usability scale (SUS) digunakan untuk mengukur aspek kepuasan dengan mengambil data dari 20 pengguna yang sudah pernah menggunakan aplikasi Ekomang. Analisis usability pada sistem informasi E-Tourism Ekowisata Hutan Mangrove Ngurah Rai diharapkan memberikan manfaat bagi dinas UPTD Tahura Ngurah Rai dalam mengetahui tingkat efisiensi dan efektivitas sistem serta sebagai bahan evaluasi pengembangan selanjutnya.
Referensi
[2] S. A. Utiarahman and N. O. Idris, “Sistem Informasi Geografis Lokasi Usaha Servis Komputer dan Lap-top di Kota Gorontalo Berbasis Android,” Jurnal In-formatika Upgris, vol. 7, no. 1, 2021.
[3] H. D. Hutahaean and P. M. Hasugian, “Aplikasi Pembelajaran Kriptograpi berbasis Mobile menggunakan Computer Assisted Instruction,” Me-dia Informasi Analisa dan Sistem, no. 1, pp. 1–4, 2019.
[4] K. S. A. Saputra, “Pengembangan Aplikasi Mobile Augmented Reality Batuan Beku Menggunakan Metode Marker-Based Tracking,” JURNAL ILMU KOMPUTER INDONESIA, vol. 6, no. 1, pp. 39–45, 2021.
[5] T. Yuliyana, I. K. R. Arthana, and K. Agustini, “Us-ability Testing pada Aplikasi POTWIS,” JST (Jurnal Sains dan Teknologi), vol. 8, no. 1, pp. 12–22, 2019.
[6] K. S. A. Saputra and I. K. P. Suniantara, “Sistem Informasi e-Tourism Ekowisata Hutan Mangrove Sebagai Media Promosi Pariwisata Bali Berbasis Android,” JTIM: Jurnal Teknologi Informasi dan Multimedia, vol. 5, no. 3, pp. 171–185, 2023.
[7] N. Huda, F. Habrizons, A. Satriawan, M. Iranda, and T. Pramuda, “Analisis Usability Testing Menggunakan Metode SUS (System Usability Scale) Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Sho-pee,” Jurnal Sistem Informasi dan Sistem Komputer, vol. 8, no. 2, pp. 208–220, 2023.
[8] A. Bastian, S. F. Rodiansyah, and R. Rezanova, “Pengembangan E-Tourism Disporabudpar Kabu-paten Majalengka Menggunakan Metode SWOT,” in Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2017.
[9] M. Baharrudin, N. H. Wardani, and A. D. Herlam-bang, “Analisis Usability Pada Sistem Informasi FILKOM Apps Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya,” Jurnal Pengembangan Teknologi In-formasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 10, pp. 4179–4183, 2018.
[10] M. E. Abdilah, A. Hadining, and D. Herwanto, “An-alisis Evaluasi Usability Website Universitas Negeri di Karawang dengan Model UWIS,” Jurnal Rekayasa Sistem Industri, vol. 8, no. 2, pp. 89–98, Oct. 2019, doi: 10.26593/jrsi.v8i2.3305.89-98.
[11] J. Sauro, “Measuring usability with the system usa-bility scale (SUS),” 2011.
[12] I. H. Aprilia, P. I. Nugroho, and R. Ferdiana, “Pen-gujian usability website menggunakan system usa-bility scale,” JURNAL IPTEKKOM (Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi), vol. 17, no. 1, pp. 31–38, 2015.
[13] K. Hornbæk, “Current practice in measuring usabil-ity: Challenges to usability studies and research,” Int J Hum Comput Stud, vol. 64, no. 2, pp. 79–102, 2006.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Jurnal Teknimedia memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Jurnal Teknimedia dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.
Jurnal TEKNIMEDIA : Teknologi Informasi dan Multimedia is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional