SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI PELANGGAN TERBAIK INDIHOME CUSTOMER GATHERING MENGGUNAKAN METODE WP (STUDI KASUS: PT. TELKOM WITEL PAPUA)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan seleksi pelanggan dan menentukan peringkat pelanggan terbaik untuk mendapatkan reward dan undangan sebagai tamu dalam acara Indihome Customer Gathering di PT. Telkom Indonesia Witel Papua setiap tahun. Data pelanggan Indihome di Kota Jayapura pada Agustus 2021 sebanyak 13.038 pelanggan diolah, dengan 8 diambil sebagai sampel. Metode pengembangan sistem menggunakan Metode RAD (Rapid Application Development) dengan 4 tahap: Requirements Planning Phase, User Design Phase, Construction Phase, dan Cutover Phase.Perancangan sistem ini menggunakan metode berbasis objek UML (Unified Modelling Language), termasuk Use Case Diagram, Class Diagram, dan Sequence Diagram. Sistem Pendukung Keputusan diuji pada 8 sampel data pelanggan dengan metode Blackbox testing, membandingkan pengujian manual dan sistem untuk memastikan hasil valid. Hasil penelitian ini adalah sistem pendukung keputusan untuk seleksi dan peringkat pelanggan terbaik menggunakan Metode Weighted Product.Dari 8 sampel data pelanggan, 3 peringkat teratas ditentukan sebagai pelanggan terbaik. Undangan dikirimkan melalui email pelanggan untuk menghadiri acara Indihome Customer Gathering. Hasil perhitungan menunjukkan Bimbo Thalib dengan nilai 0.1929 sebagai peringkat pertama, Alfa Rieuwpassa dengan nilai 0.173 sebagai peringkat kedua, dan Minggu Roben 0168 sebagai peringkat ketiga. Sistem diharapkan membantu karyawan dalam seleksi pelanggan, memberikan undangan kepada pelanggan terbaik, dan meningkatkan efektivitas acara.
Referensi
[2] A. Z. Putra and L. Sulistyawati, “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Produk Sepatu Converse,” SEIKO : Journal of Management & Business, vol. 6, no. 1, pp. 930–941, Apr. 2023, doi: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.4213.
[3] S. Lase, “Urgensi Layanan Quick Response Guna Mengatasi Komplain Pelanggan dalam Meningkatkan Kepercayaan Konsumen pada PT. JNE Express Cabang Gunungsitoli,” Innovative: Journal Of Social Science Research, vol. 3, no. 5, pp. 4152–4160, Oct. 2023, doi: https://doi.org/10.31004/innovative.v3i5.5300.
[4] L. L. Sani, “STRATEGI RELATIONSHIP MARKETING YANG DILAKUKAN SEGMEN GOVERNMENT PT TELKOM WITEL YOGYAKARTA DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN,” dspace.uii.ac.id, Nov. 20, 2023. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/45981 (accessed Jan. 20, 2024).
[5] F. Sudirjo, T. Purwati, W. Widyastuti, Y. U. Budiman, and M. Manuhutu, “Analisis Dampak Strategi Pemasaran Digital dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan: Perspektif Industri E-commerce,” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 7, no. 2, pp. 7524–7532, Jun. 2023, doi: https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.7422.
[6] H. Inaku, B. Umar, and Y. Baturapa, “TINJAUAN PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) BUMI PANUA KABUPATEN POHUWATO TAHUN 2023,” BAKTARA JOURNAL OF HEALTH INFORMATION, vol. 3, no. 2, 2023, Accessed: Jan. 20, 2024. [Online]. Available: http://www.jurnal.stikes-baktara.ac.id/index.php/bjhi/article/view/126
[7] Nanang Suciyono,S.Kom, M.Kom and Nono Sudarsono, M.Kom, “SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PEMILIHAN PERSONIL TERBAIK JURUSAN JAWA DIPO BUDIMAN MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT,” SISITI : Seminar Ilmiah Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, vol. 12, no. 2, pp. 33–45, 2023, Accessed: Jan. 20, 2024. [Online]. Available: https://www.ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/sisiti/article/view/1325
[8] B. S. Gurmilang, A. Juarna, and D. Dharmayanti, “Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Vendor Dalam Supply Chain Menggunakan Metode Weighted Product Di PT. Nagasena Sinar Jaya,” Cakrawala Repositori IMWI, vol. 6, no. 4, pp. 853–868, Jul. 2023, doi: https://doi.org/10.52851/cakrawala.v6i4.423.
[9] Y. Sazaki, R. Efendi, and M. I. Jambak, “Analisis Komparatif Metode Weighted Product (WP) dan Metode Simple Additive Weighting (SAW),” Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, vol. 3, no. 02, pp. 205–215, Dec. 2023, doi: https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i02.3347.
[10] D. A. Putri, A. H. Ikhlas, and A. Iskandar, “Analisis Perbandingan Metode Simple Additive Weighting (SAW) dan Weighted Product (WP) dengan Pembobotan Rank Order Centroid (ROC) dalam Pemilihan Mahasiswa Terbaik,” KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer, vol. 4, no. 3, pp. 1692–1701, Dec. 2023, doi: https://doi.org/10.30865/klik.v4i3.1449.
[11] M. I. Siregar, “Penerapan Weighted Product Dalam Sistem Pendukung Keputusan Guru Terbaik Pada SMK Swasta Citra Harapan,” Jurnal Komputer Teknologi Informasi dan Sistem Informasi (JUKTISI), vol. 1, no. 3, pp. 130–137, Feb. 2023, Accessed: Jan. 20, 2024. [Online]. Available: http://ejurnal.lkpkaryaprima.id/index.php/juktisi/article/view/31
[12] Kanim, Tukiyat, and M. Handayani, “ANALISIS PERBANDINGAN METODE TECHNIQUE FOR ORDER PREFERENCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION, SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING DAN WEIGHTED PRODUCT DALAM SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN GURU TERBAIK,” JSiI (Jurnal Sistem Informasi), vol. 10, no. 1, pp. 33–40, Mar. 2023, doi: https://doi.org/10.30656/jsii.v10i1.6134.
[13] Y. Perwira, “Penentuan Peringkat Pelanggan Terbaik dengan Metode Weighted Product (Studi Kasus di PT.Asia Raya Foundry): Penentuan Peringkat Pelanggan Terbaik dengan Metode Weighted Product (Studi Kasus di PT.Asia Raya Foundry),” Jurnal Mantik, vol. 3, no. 1, pp. 138–147, May 2019, Accessed: Jan. 20, 2024. [Online]. Available: https://iocscience.org/ejournal/index.php/mantik/article/view/84
[14] Susanti Susanti, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PENYELEKSIAN KONSUMEN TERBAIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT (WP),” Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 9, no. 1, 2019, doi: https://doi.org/10.56244/fiki.v9i1.341.
[15] K. Ma’mur and B. Maulina, “Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Mekanik Terbaik Menggunakan Metode Weighted Product pada PT. Paramita Banindo,” Journal of Artificial Intelligence and Innovative Applications (JOAIIA), vol. 1, no. 4, pp. 169–176, Dec. 2020, Accessed: Jan. 20, 2024. [Online]. Available: https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JOAIIA/article/view/7809
[16] Satia Suhada, Taufik Hidayatulloh, and Siti Fatimah, “Penerapan Fuzzy MADM Model Weighted Product dalam Pengambilan Keputusan Kelayakan Penerimaan Kredit Di BPR Nusamba Sukaraja,” Jurnal Informatika: Juita, vol. 6, no. 1, pp. 61–61, May 2018, doi: https://doi.org/10.30595/juita.v6i1.2517.
[17] Veradilla Amalia, Dedy Syamsuar, and L. Atika, “KOMPARASI METODE WP SAW DAN WASPAS DALAM PENENTUAN PENERIMA BEASISWA PMDK,” Jurnal Bina Komputer, vol. 1, no. 2, pp. 122–132, Jul. 2019, doi: https://doi.org/10.33557/binakomputer.v1i2.452.
[18] E. Lito, Sertina Yaruyap, P. Hasan, and N. S. Irjanto, “SISTEM INFORMASI PELAYANAN SURAT MENYURAT DAN DISPOSISI PADA KANTOR KAMPUNG YUWANAIN,” BULLETIN OF NETWORK ENGINEER AND INFORMATICS, vol. 1, no. 2, pp. 78–78, Oct. 2023, doi: https://doi.org/10.59688/bufnets.v1i2.17.
[19] S. Fernandez, C. Prihantoro, and A. K. Hidayah, “Implementasi Weighted Product Pada Pemilihan Dosen Terbaik di Universitas Muhammadiyah Bengkulu,” Pseudocode, vol. 8, no. 2, pp. 126–133, Nov. 2021, doi: https://doi.org/10.33369/pseudocode.8.2.126-133.
[20] R. Adiputra and B. Mulyawan, “PEMBUATAN PROGRAM APLIKASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN VENDOR ERP PADA PT SINAR JAYA ABADI DENGAN MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT,” Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem In-formasi, vol. 6, no. 2, pp. 181–181, Nov. 2018, doi: https://doi.org/10.24912/jiksi.v6i2.2651.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Jurnal Teknimedia memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Jurnal Teknimedia dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.
Jurnal TEKNIMEDIA : Teknologi Informasi dan Multimedia is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional