SISTEM INFORMASI ANTREAN BERBASIS WEB DAN LED MATRIX DISPLAY
Abstrak
Antrean sering dijumpai dalam kegiatan sehari-hari. Proses antrean merupakan suatu proses yang berhubungan dengan kedatangan pelanggan pada suatu fasilitas pelayanan, menunggu mendapatkan pelayanan sampai akhirnya mendapat pelayanan dan keluar dari fasilitas pelayanan. Model antrean banyak menggunakan jalur tunggal, satu tahap dan jalur berganda, satu tahap. Saat ini, masih ada fasilitas pelayanan yang belum memanfaatkan teknologi untuk memberikan kemudahan bagi para pemakainya.
Salah satu cara meningkatkan kualitas pelayanan dengan menggunakan sistem antrean. Metode yang diterapkan dalam membangun sistem ini yaitu metode Prototipe. Metode prototipe terdiri komunikasi merupakan tahapan pengumpulan data melalui metode kepustakaan, observasi, eksperimen yang dijabarkan dalam use case, activity dan sequence diagram serta kebutuhan perangkat. Perencanaan Segera merupakan tahapan pembuatan jadwal perencanaan penelitian. Gambaran singkat desain merupakan tahapan membuat gambaran singkat desain berupa arsitektur dan rancangan tampilan. Pembangunan Prototipe merupakan tahapan perancangan, dibangun menggunakan PHP MVC, MySQL, C++, JavaScript, JSON, microcontroller NodeMCU ESP8266 sebagai penghubung tiap perangkat melalui jaringan Wi-Fi juga sebagai pengendali P10 led matrix display. P10 led matrix display dan monitor sebagai penampil nomor antrean. Web server yang terpasang pada PC sebagai pusat kelola nomor antrean, panggilan suara antrean melalui text to speech sebagai pembangkit suara pada browser Edge. Implantasi dan Evaluasi merupakan tahapan pengujian hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu menghasilkan sistem informasi nomor antrean berbasis web dan led matrix display yang telah diuji menggunakan pengujian black box bahwa sistem ini dapat berjalan dengan baik.
Referensi
[2] D. J. N. Salim, W. Sanjaya, A. R. Pamungkas dan A. K. Indarto, “Sistem Antrian Berbasis Web Menggunakan Raspberry dan ESP8266,” Go Infotech: Jurnal Ilmiah STMIK AUB, vol. 25, pp. 62-70, 2019.
[3] R. Setianingsih, Rancang Bangun Prototipe Mesin Antrean Pelayanan Puskesmas Berbasis Arduino Terintegrasi Web Implementasi Modul Dfplayer Mini Dan Led Matrix Pada Prototipe Mesin Antrean Pelayanan Puskesmas, Jakarta, Indonesia: Program Studi Elektronika Industri Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Jakarta, 2021.
[4] S. H. Ramadhan, S. Hadiyoso dan Y. S. Hariyani, “Rancang Bangun Dan Implementasi Pada Sistem Panggilan Antrian Di Puskesmas Bojongsoang Berbasis Arduino,” e-Proceeding of Applied Science, pp. 1969-1978, 2017.
[5] M. I. Zenari, A. F. S. Rahman dan M. W. Kasrani, “Rancang Sistem Antrian Pada Loket Baa Uniba Berbasis Arduino,” JTE UNIBA, vol. 5, pp. 85-88, 2020.
[6] T. J. Kakiay, Dasar Teori Antrean Untuk Kehidupan Nyata, Yogyakarta, Indonesia: Penerbit Andi, 2021.
[7] J. Heizer, B. Render dan C. Munson, Operations Management, Sustainability And Supply Chain Management, New York, United States: Pearson Education, Inc, 2017.
[8] R. S. Pressman and B. R. Maxim, Software Engineering A Practitioner’s Approach Ninth Edition, New York, America.: McGraw-Hill, 2020.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Jurnal Teknimedia memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Jurnal Teknimedia dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.
Jurnal TEKNIMEDIA : Teknologi Informasi dan Multimedia is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional