MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF CANDI BERSEJARAH BUDHA DAN HINDU MENGGUNAKAN ADDIE

  • Andi Andi Universitas Internasional Batam
  • Deli Deli Universitas Internasional Batam
Kata Kunci: Candi, Interaktif, Media Pembelajaran

Abstrak

Ilmu sejarah adalah ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari tetang peristiwa yang penting yang telah terjadi di masa lalu. Indonesia dikenal dengan memliki beragam peninggalan sejarah dan budaya yang dapat menjadi modal pembelajaran. Salah satu peninggalan sejarah di Indonesia adalah candi. Tujuan penelitian adalah untuk membuat media pembelajaran yang interaktif bertema candi yang dapat membantu para pelajar untuk membantu meningkatkan minat belajar dan menambah pengetahuan pelajar tentang candi. Dalam pengembangan media pembelajaran peneliti menggunakan metode ADDIE. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan pengumpulan data Kualitatif yang dilakukan dengan cara wawancara dan penyebaran kuesioner. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa media pembelajaran yang telah dikembangkan dapat menambahkan minat belajar dan mudah digunakan oleh pelajar.

Referensi

N. Agustiningsih and S. Pamungkas, “Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Video Candi Muara Jambi Berbasis Sejarah Lokal Pada Mata Kuliah Sejarah Indonesia,” Diakronika, vol. 18, no. 1, p. 67, 2018, doi: 10.24036/diakronika/vol18-iss1/62.

A. Sirumapea, S. Maesaroh, and K. E. Saputro, “Perancangan Game Petualangan Mengenal Candi-Candi di Magelang,” Acad. J. Comput. Sci. Res., vol. 2, no. 1, 2020, doi: 10.38101/ajcsr.v2i1.261.

F. Hamdani, E. S. Susanto, Yuliadi, and Aldrin, “Pembuatan Multimedia Pembelajaran Restoran dan Barista Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Mahasiswa Pendidikan Tata Boga Menggunakan Adobe Flash,” TEKNIMEDIA, vol. 4, no. 1, pp. 86–91, 2023.

I. K. Hidayat, P. Sunarto, and T. Guntur, “Mengenal Relief, Mudra dan Stupa Candi Borobudur untuk Anak-Anak Usia 9-12 Tahun melalui Edugame,” ITB J. Vis. Art Des., vol. 6, no. 1, pp. 58–68, 2014, doi: 10.5614/itbj.vad.2014.6.1.6.

S. Alfarez, N. J. Prakoso, and W. S. D. Septianingsih, “Temon (Tample Monopoly) : Pengenalan Candi Berbasis Games Augmented Reality Untuk Tuna Daksa,” SWADESI J. Pendidik. dan Ilmu Sej., vol. 2, no. 1, p. 1, 2021, doi: 10.26418/swadesi.v2i1.44984.

A. M. S. Ratri, N. Ayuvadhana, C. A. P. S. Wati, and Suranto, “Pengembangan Buku Games OF Moral Stories (GMS) Berbasis Relief Borobudur Untuk SISWA Sekolah Minggu Buddha Jenjang Sekolah Dasar,” J. Pencerahan, vol. 15, no. 1, pp. 40–48, 2022, doi: 10.2207/jjws.91.328.

S. Hidayatulloh, H. Praherdhiono, and A. Wedi, “Pengaruh Game Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pemahaman Ilmu Pengetahuan Alam,” JKTP J. Kaji. Teknol. Pendidik., vol. 3, no. 2, pp. 199–206, 2020, doi: 10.17977/um038v3i22020p199.

M. Khaerudin, D. B. Srisulistiowati, and J. Warta, “Game Edukasi Dengan Menggunakan Unity 3D Untuk Menunjang Proses Pembelajaran,” JSI - (Jurnal Sist. Informasi) Univ. Suryadarma, vol. 8, no. 2, pp. 263–272, 2021.

W. Cahyawulan and D. Rachmawati, “Pengembangan Ensiklopedia Pekerjaan Bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) untuk Peserta Didik Kelas X di SMA Suluh Jakarta,” INSIGHT J. Bimbing. Konseling, vol. 7, no. 2, pp. 140–146, 2018, doi: 10.21009/insight.072.03.

R. D. Saputro, P. Kasih, and S. Rochana, “Pengujian Black Box dan Kuesioner Pada Game Gems Advanture,” Rizal Dwi Saputro1, Patmi Kasih2, Siti Rochana3 1,2,3Teknik, pp. 47–52, 2022.

T. Wibowo and A. E. M. D. Saribu, “Video Game dan Iman Katolik: Studi Kualitatif ‘That Dragon, Cancer’ pada Kalangan Misdinar di Kota Batam,” Serat Rupa J. Des., vol. 7, no. 1, pp. 61–72, 2023, doi: 10.28932/srjd.v7i1.5797.

G. S. Gumilang, “Metode Penelitian Kualitatif dalam Bidang Bimbingan dan Konseling,” J. Fokus Konseling, vol. 2, no. 2, pp. 144–159, 2016, [Online]. Available: http://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id/index.php/fokus/a.

N. W. Sitasari, “Mengenal Analisa Konten Dan Analisa Tematik Dalam Penelitian Kualitatif,” Forum Ilm., vol. 19, no. 1, pp. 77–84, 2022, [Online]. Available: https://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Journal-23188-11_2248.pdf.
Diterbitkan
2023-12-06
Bagian
Articles
Abstrak viewed = 207 times
PDF (English) downloaded = 352 times